https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539
top of page
  • Masak Tv Team

Lalampa khas Manado



Penganan satu ini merupakan penganan yang berasal dari Manado. Lalampa mirip seperti lemper, hanya saja isiannya yang berbeda. Lalampa memiliki isian berupa daging tongkol yang disuwir-suwir dan ditumis dengan bumbu. Rasa lalampa sangat gurih dan legit karena beras kentan dimasak dengan santan. Pastinya panganan yang satu ini akan membuat kamu ketagihan. Yuk coba!

Resep lengkap bagaimana cara membuat Lalampa dapat dilihat di bawah.

Bahan: 400 gram beras ketan, rendam selama 3 jam 400 ml santan 2 lembar daun pandan, iris ½ sdt garam Daun pisang

Bahan Isi: 300 gram daging ikan tongkol kukus, suwir-suwir 250 ml santan 1 buah tomat, potong potong 1 batang sereh 5 lembar daun jeruk purut, iris halus 1 lembar daun pandan 1 ikat kemangi 2 cm jahe, memarkan 3 sdm minyak untuk menumis ½ buah jeruk nipis Merica Garam

Bumbu halus: 8 butir bawang merah 4 siung bawang putih 6 buah cabe merah keriting 5 buah cabai rawit merah 3 sdm minyak

Cara Membuat: 1. Kukus ketan hingga setengah matang. Lalu angkat. 2. Didihkan santan lalu masukkan ketan, daun pandan dan garam sambil diaduk hingga kuah santan menyusut. Kemudian kukus kembali ketan selama 20 menit. Angkat dan sisihkan. 3. Haluskan bumbu. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun pandan, sereh dan jahe. Aduk hingga layu. 4. Masukkan suwiran ikan tongkol ke dalam wajan, aduk rata. 5. Tambahkan daun kemangi, santan, tomat, dan air jeruk nipis. Kecilkan api, lalu masak hingga kuah mengering. Angkat dan sisihkan. 6. Letakkan daun pisang, ambil 2 sdm ketan, tambahkan tumisan bahan isian tadi lalu gulung bungkus, lalu semat kedua ujungnya dengan lidi. 7. Panaskan panggangan/bara, olesi dengan sedikit minyak, lalu bakar lalampa hingga berubah warna hingga kecokelatan. 8. Sajikan.

453 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539