https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539
top of page
  • Masak Tv Team

Resep Puding Tapai Ketan Hijau


Puding Tapai Ketan Hijau, salah satu dari 46 resep terbaik dari buku Hidangan Lebaran, dengan cita rasa manis dari perpaduan puding kelapa dan puding tapai ketan hijau yang disiram kuah saus ketan hitam untuk ide buka puasa di rumah!


Resep lengkap bagaimana cara membuat Puding Tapai Ketan Hijau dapat dilihat di bawah.


Saus tapai ketan:

800 ml susu evaporated

150 g tapai ketan hitam, siap pakai

70 g gula pasir

1½ sdm tepung maizena


Lapisan kelapa:

600 ml air kelapa muda

200 g daging kelapa muda

100 g gula pasir

7 g agar-agar bubuk warna putih


Cara Membuat:

1. Siapkan cetakan individual dalam bentuk dan jumlah sesuai selera Anda. Sisihkan.

2. Saus: Masukkan susu dan ketan ke dalam blender. Proses hingga halus (jika masih ada ketan yang padat, tidak apa-apa).

3. Tuang ke dalam panci, masukkan gula dan maizena, aduk rata. Nyalakan api kecil, panaskan hingga mengental. Angkat. Sisihkan di lemari es.

4. Lapisan kelapa: Masukkan air kelapa dan daging kelapa ke dalam blender. Proses hingga halus. Tuang ke dalam panci, masukkan gula dan agar-agar bubuk, aduk rata. Nyalakan api kecil, panaskan hingga mendidih. Angkat.

5. Tuang ke dalam tiap cetakan hingga 1/3 tinggi cetakan. Sisihkan di suhu ruang hingga permukaannya mulai memadat. Sisihkan.

6. Lapisan tapai ketan: Masukkan air kelapa dan tapai ke dalam blender. Proses hingga halus (jika masih ada ketan yang padat, tidak apa-apa).

7. Tuang ke dalam panci, masukkan gula dan agar-agar bubuk, aduk rata. Panaskan hingga mendidih menggunakan api kecil. Angkat. Sendokkan perlahan ke atas lapisan kelapa. Setelah mulai mengeras, ulangi langkah melapis hingga tercapai 6-7 lapisan.

8. Dinginkan di lemari es, sajikan disertai saus.

8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539