https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539
top of page
  • Masak Tv Team

Ayam Penyet



Ayam Penyet pada dasarnya adalah ayam goreng bumbu kuning yang dipenyet diatas cobek/ulegan dan ditaburi sambal pada bagian atasnya. Proses penyet itu sendiri dilakukan untuk mendapatkan kesan dan rasa daging ayam yang empuk sekaligus lembut. Ayam Penyet sangat populer disajikan pada berbagai rumah makan di Indonesia.

Resep lengkap bagaimana cara membuat Ayam Penyet dapa dilihat di bawah.

Bahan:

300 gram daging ayam

Bumbu Halus (bumbu kuning): 2 batang kunyit 6 siung bawang merah 10 siung bawang putih 2 ruas jari jahe 3 ruas lengkuas 1 batang sereh 2 lembar daun salam 1 lembar daun jeruk 2 sdt garam 2 sdt lada 100 ml air

Sambal: 15 buah cabai rawit merah 3 siung bawang putih 3 siung bawang merah 2 sdt garam Minyak goreng secukupnya

Pelengkap: 1 ikat daun kemangi

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe untuk mempermudah proses menghaluskan bumbu potong bahan kecil-kecil 2. Tumis sereh yang sudah digeprek lalu daun jeruk hingga harum lalu masukkan bumbu kuning 3. Setalah itu masukkan ayam dan tambahkan air beri perisa garam dan lada tunggu hingga matang 4. Selagi menunggu ayam matang siapkan bahan untuk membuat sambal yaitu cabai rawit merah,bawang putih,bawang merah 5. Potong cabai rawit merah lalu ulek berasama bawang putih,bawang merah dan beri sedikit garam ulek hanya untuk menghancurkan seratnya. 6. Haluskan bumbu yang sudah diulek dengan blender beri sedikit minyak untuk mempermudah proses blender 7. Siapkan minyak untuk menggoreng ayam,goreng hingga kecoklatan 8. Beri sedikit minyak panas bekas menggoreng ayam 9. Kemudian penyet ayam dengan sambal untuk meningkatkan rasa dapat menambahkan daun kemangi kedalam sambal 10. Ayam penyet siap untuk disajikan.

69 views0 comments
bottom of page
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3934599870322539